Adobe Audition


Adobe Audition

Adobe Audition

Definisi Dan Kegunaan


Audition logo (Adobe Audition CC)

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.

1. Merekam Suara - Mengatur peralatan untuk merekam, pastikan kabel mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah di aktifkan. kemudian membuat file baru dengan file>new. Atur setingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan tombol ok. berikutnya anda dapat merekam suara dengan menekan recod di bagian bawah layar. dan hentikan dengan menekan tombol record sekali lagi. setelah itu anda dapat menyimpan hasilnya dengan file>save as kemudian pilih tipenya ACM waveform dan aturlah setingnya dengan menekan tombol options.

2. Mengurangi Noise kadang pada saat merekam suara muncul suara yang tidak di harapkan, misalnya suara kipas angin atau AC. anda dapat melihat tampilan awal klip terdapat noise yang akan menimbulkan suara berisik ketika di mainkan. untuk itu anda dapat menguranginya dengan cara menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise yang akan di hilangkan dan tidak terdapat suaras lainnya. kemudian gunakan menu effect> noise reduction> noise reductionmus at scelerisque odio.

3. Menambah/mengurangi volume anda dapat mengurangi/menambah volume waveform dengan menu effect>amplitude>amplify.

4. Menambah effect suara untuk itu anda dapat menyeleksi dahulu atau sebagian waveform kemudian gunakan menu effect>delay effect>echo.

Kelebihan Interface (Tampilan Layar Pengguna) Pada awalnya, interface dari Adobe Audition tidak seperti saat ini. Dengan tampilan yang terkesan kaku, dan cukup rumit membuat orang – orang kebanyakan pada waktu itu belum memilih untuk menggunakan software ini. Akan tetapi dengan dirilisnya versi terbaru dari Adobe Audition tampilan layar pengguna Adobe Audition semakin menjadi ramah pengguna (User-friendly) dan pada Adobe Audition Creative Cloud tampilan layar dari software ini hadir dengan lebih intuitif dan lebih mudah untuk disesuaikan. Salah satu hal yang membuat tampilan interface dari Adobe Audition menarik adalah kemampuannya untuk mengubah layout tampilan layar sesuai dengan versi sebelumnya atau versi terbarunya.

Performa Adobe Audition adalah salah satu software pengedit audio profesional yang memungkinkan anda untuk merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Perlu diingat bahwa tidak banyak software audio profesional yang dapat melakukan hal ini. Pada versi Adobe Creative Cloud, software ini telah mengalami peningkatan dalam hal performa dimana terjadinya peningkatan untuk pengolahan audio, tampilan yang lebih responsif, dan alur kerja yang lebih meningkat. Dengan performa yang baik tentu ini merupakan berita yang baik bagi fungsi soundcard. Software ini juga memiliki mixer full digital yang dapat membantu anda mengatur levels, dan parameter lainnya dari berbagai audio track secara bersamaan. Karakteristik – karakteristik ini merupakan ciri dari DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Adobe Audition sangat berguna dalam pemrosesan audio.

Kemampuan Restorasi Audio. Salah satu kemampuan paling menarik dari program Adobe Audio adalah software ini memungkinkan anda untuk memperbaiki track audio yang memiliki suara kurang jernih. Seperti suara – suara yang ada pada musik piringan hitam. Dengan menggunakan software ini, anda dapat menghilangkan suara kurang jernih dari musik yang anda inginkan.

Sound Effects yang beragam dan Keberadaan Batch Processing. Software pengeditan ini memungkinkan anda untuk membuat efek suara yang beragam. Efek suara yang dimaksud merupakan efek perlambatan suara, pembalikan suara, distorsi, dan masih banyak lagi. Semua efek suara ini dapat diaplikasikan pada audio anda termasuk beberapa pengaturan yang memudahkan anda untuk mendapatkan suara seperti yang anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan software ini untuk menggabungkan berbagai efek suara ini secara bersama. Ini merupakan karakteristik performa yang sering ditemukan pada software yang memiliki DAW. Jika anda memiliki banyak file audio yang ingin anda proses, anda juga dapat melakukan batch processing yang tentu merupakan nilai tambah untuk performa Adobe Audition.

Rekam Jejak yang baik Software ini memiliki rekam jejak yang baik dalam hal kapabilitas pemrosesan audio. Dengan update yang sering dilakukan tentunya, kita bisa menemukan fitur – fitur yang lebih menarik lagi ke depannya. Kelebihan – kelebihan ini yang membuat Adobe Audition salah satu software pengolah audio yang banyak digunakan oleh banyak orang. Penggunaan dari Adobe Audition juga tidak bisa dilepaskan dari software pengeditan video termasuk software gratis untuk edit video.

Kekurangan Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Audition, software ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dipungkiri. Berikut merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Adobe Audition.

Tidak tersedianya fasilitas preview file audio saat melaksanakan perintah Open File.

Tidak tersedianya fasilitas rewire untuk software pengolah audio ataupun perangkat tambahan (plugin) yang dapat membantu untuk membuat koneksi dengan program lainnya yang ada.

Adobe merupakan perusahan pertama yang melakukan pengimplementasian sistem kerja langganan berbasiskan cloud bagi para penggunanya. Sayangnya pengimplementasian ini belum sepenuhnya memberikan kepuasan bagi para penggunanya.

Itu tadi pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Adobe Audition. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quiz Alakadar